Campina Terima Penghargaan Indonesia WOW Brand Award 2022

Di situasi pandemi seperti ini, terutama di tahun 2020-2021, menjalankan komunikasi brand dalam bentuk campaign yang humanis dan punya nilai empati menjadi tantangan tersendiri buat para penggiat merek.Karena inti dari pesan bukan tentang merek atau produknya, melainkan lebih ke bagaimana produk bisa menemani menjalani hari-hari yang mungkin tidak selalu mudah. Di tahun 2021 hingga awal tahun 2022 yang lalu, salah satu merek es krim yang giat menjalankan kampanye pemasaran dengan nilai empati dan sosial ialah Campina Ice Cream.

Salah satunya dengan melibatkan produk-produk es krim yang kaya akan vitamin C dalam kegiatan sosialnya, seperti Orange Plus dan Go!Mango, hero products yang dihadirkan dalam rangkaian social event vaksinasi Covid 19, donor darah, hingga donor plasma konvalesen di Kota Surabaya dan Jakarta. Selain kegiatan sosial diatas, Campina juga melakukan serangkaian kampanye pemasaran yang meaningful di masa pandemi ini, baik di ranah online maupun offline.

Markplus

Pada bulan Maret 2022 ini, Campina Ice Cream pun menerima penghargaan Indonesia WOW Brand 2022, yang diprakarsai oleh Markplus Inc. Penghargaan diserahkan saat perhelatan WOW Brand Festive Day 2022, Branding in Endemic Year. Penghargaan WOW Brand 2022 di peringkat Bronze, diterima oleh Campina untuk kategori es krim, diwakili oleh Bapak Mustofa Saadji, selaku Marketing Manager.

Campina ice cream
Bapak Mustofa Saadji (Marketing Manager) saat menerima WOW Brand 2022

Penghargaan ini tentunya tidak lepas dari sisi marketing sendiri dan customer journey, 5As (Aware-Appeal-Ask-Act-Advocate), dan menggunakan dua metrik untuk mengukur performa merek, yaitu PAR (Purchase Action Ratio), perbandingan antara konsumen yang membeli (act) dibandingkan dengan jumlah konsumen yang mengetahui merek (aware). Metrik yang lain adalah BAR (Brand Advocacy Ratio), membandingkan jumlah konsumen yang membagikan pengalamannya dengan produk/merek (advocate) dengan jumlah konsumen yang mengetahui merek (aware).

Di acara yang sama, diberikan pula penghargaan Brand For Good 2022, menjadikan Campina Ice Cream sebagai salah satu anggota dari Brand For Good Club, sebuah klub yang juga diprakarsai Markplus Inc., wadah untuk para ‘marketeers’ yang selalu mencari update terbaru dalam ilmu marketing. Para anggota akan diundang ke beberapa acara pengetahuan MarkPlus Inc. di sepanjang tahun.

Markplus
Brand for Good Award 2022

Penilaian Brand For Good 2022 akan disertai dengan survei cepat terhadap 100 pengguna produk untuk mendapatkan wawasan tentang faktor-faktor penyebab aktivitas perbagi pengalaman tentang produk/merek (advocate), antara lain:

  1. Advocacy Habit (bagaimana konsumen membagikan pengalaman dengan merek anda)
  2. Reason to Advocate (dalam kesempatan apa konsumen membagikan pengalamannya dengan merek anda)
  3. Aspects to Advocate (hal-hal apa saja dari merek anda yang direkomendasikan)

Campina Ice Cream diwakili oleh Bapak Harwindra Yoga Prasetya selaku Marketing Communications Manager, sebagai penerima Brand For Good Award 2022.

Campina
Brand For Good Award, diterima oleh Pak Harwindra Yoga Prasetya (Marcomm Manager)

 

 

 

 

 

Share Button

Tinggalkan Balasan