PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) baru-baru ini meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 untuk kategori Es Krim. Penghargaan yang digelar secara virtual oleh media INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia dan IMFocus Digimarketing Consultant ini diterima langsung oleh Marketing Communications Manager PT Campina Ice Cream Industry Tbk, Harwindra Yoga Prasetya.
Penghargaan ini juga sekaligus mengukuhkan perseroan sebagai merek es krim paling populer dan banyak dicari netizen di dunia digital atau internet. Ini juga menjadi kali keempat Campina meraih penghargaan serupa yaitu di tahun 2017, 2018, 2019 dan 2020.
“Apresiasi ini tentunya sangat berarti bagi kami, untuk semua effort yang sudah kami lakukan jauh-jauh hari sebelum masa new normal yang sedang kita jalani sekarang ini. Digital dan non digital ini sudah tidak ada batasannya, atau kita sebut dengan omni channel. Shifting yang terjadi di konsumen harus bisa kita tangkap dan kita maksimalkan untuk tetap bertumbuh dan berkembang,” ujar Harwindra Yoga saat menerima penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020.
Menurut Harwindra Yoga, pandemi COVID-19 telah menjadi blessing in disguise buat perseroan untuk lebih meningkatkan layanan omnichannel melalui layanan pesan antar es krim yang sudah berjalan sejak tahun 2006 lalu. Terlebih, Campina juga telah memiliki sejumlah armada yang telah tersebar di seluruh kantor perwakilan yang ada di seluruh Jawa sebagai delivery point.
“Kita akan terus kembangkan channel direct to consumer ini di kota-kota di pulau Jawa. Kita punya platform e-commerce sendiri, kita juga kerjasama dengan platform e-commerce lainnya, kerjasama dengan ojek online dan minimarket juga dilakukan untuk mempermudah konsumen mendapatkan produk kita. Jadi kita cukup percaya diri untuk strategi omnichannel kita,” terangnya.
Selain itu, Campina juga sangat aktif di media sosial. Apalagi, sejak adanya pandemi COVID-19, banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk berdiam diri di rumah. Untuk itu, kata Yoga, pihaknya tidak hanya membuat konten seputar cara membuat sajian es krim lebih menarik untuk anak-anak saja, tapi juga membuat konten edukasi untuk layanan pesan antar yang higienis untuk kemudian ditayangkan di channel Youtube-nya.
“Jadi worriness untuk pelanggan kita dari sisi kehigienisan bisa kita jawab mulai dari packing sampai delivery. Bahkan petugas kita yang menyiapkan es krim pun kita ukur suhu tubuhnya untuk memastikan kalau mereka sehat,” tambahnya.
Lebih lanjut Harwindra Yoga mengatakan, pihaknya juga kerap berkolaborasi dengan key opinion leader (KOL) di Instagram untuk membantu menyampaikan pesan bahwa Campina bisa dikirim ke rumah tanpa takut cair, dan yang paling penting adalah gratis ongkos kirim di Pulau Jawa.
“Itu yang membuat performance kita cukup signifikan naiknya diharapkan lewat sosial media, digital marketing dan e-commerce. Bukan hanya dari sisi awareness saja, tapi juga sales kita di home delivery channel terutama di e-commerce itu sempat naik 500% dibanding dengan tahun lalu,” tutup Harwindra Yoga.
Sumber: Infobrand.id