Pandemi Covid 19 membuat semuanya berhati-hati. Dan karenanya, untuk pengelola merek, ada tantangan tersendiri untuk tetap mendekatkan mereknya dengan khalayak pasarnya. Pengelola merek di masa sebelum pandemi ini sangat aktif dalam menyelenggarakan marketing event, salah satunya agar khalayak tetap ingat dan mempertahankan citra positif di benaknya.
Marketing event terbukti cukup ampuh untuk mengingatkan khalayak secara terus menerus, karena di dalamnya ada kesempatan untuk melihat langsung produknya, mencobanya untuk pertama kali, membagikan pengalamannya lewat media sosial (karena design booth yang keren dengan spot foto Instagrammable misalnya), dan membelinya untuk kepuasan yang lebih.
Namun, tidak diperbolehkannya sumber kerumunan selama masa pandemi dan karantina membuat industri event harus istirahat sejenak, membuat pihak-pihak yang berada di dalamnya harus memutar otak untuk bertahan, tak terkecuali pengelola merek. Komunikasi yang dijalankan di saluran komunikasi above the line (ATL) dan below the line (BTL), lebih banyak dilakukan di saluran through the line (TTL), yang salah satunya melibatkan teknologi digital dalam penyampaian pesan-pesan merek. Tak terkecuali dengan Campina Ice Cream.
Perusahaan es krim asal Surabaya, Jawa Timur ini terakhir kali menggelar marketing event di perhelatan Indofest di JCC Senayan dan IFBC di Balai Kartini, keduanya di bulan Maret 2020. Dan dampak dari pandemi, semua pihak dilarang untuk menggelar acara yang bertujuan mengumpulkan kerumunan orang banyak, dan karenanya kurang lebih sembilan bulan lebih Campina tidak bisa menggelar satu event pun. Hingga akhirnya, tanggal 4 Desember 2020, digelarlah marketing event pertama sejak bulan Maret yang lalu, membuka temporary selling booth di Grand Galaxy Park Mal, Grand Galaxy City Bekasi. Event bertema Celebrate Goodness with Campina Ice Cream akan berlangsung selama satu bulan penuh, berakhir pada 3 Januari 2021.
Protokol kesehatan diterapkan dengan lengkap di lokasi, sarung tangan, face mask, face shield, dan hand sanitizer pun disediakan di booth. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan bersama, baik kru Campina dan pengunjung booth, yang ingin mencicipi aneka pilihan es krim scoop, dan Es Krim Potong yang sangat menggoda.
Lewat event ini, Campina pun memperkenalkan kemasan baru take home 700ml, yang kini hadir lebih higienis dengan lapisan plastik di kemasan, yang kembali dihadirkan Campina untuk menjaga produk tetap aman dikonsumsi. Hal ini harus dilakukan, karena kita tidak pernah tahu saat di freezer, di gerai-gerai yang menyediakan es krim Campina, siapapun bisa saja membuka tutup kemasan untuk melihat isi kemasan (meskipun sudah ditanam locking system di bagian tutup), dan mengakibatkan es krim terekspos dengan udara luar. Kemasan baru dengan wadah transparan pun kembali dihadirkan, agar pelanggan bisa melihat kualitas es krim di dalam kemasan. Apakah masih beku sempurna, ataukah sudah berubah karena telah mengalami proses pencairan dan dibekukan kembali.
Festive season Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 adalah saat yang tepat untuk memulai sesuatu kembali, salah satunya adalah memulai menggelar marketing event, mendekatkaan Campina kembali dengan khalayak pasarnya.
One Reply to “Marketing Event Campina Pertama di Masa New Normal”