Pemerintah dan dunia usaha Indonesia kian optimistis dalam menghadapi tahun 2022 sejalan dengan makin terkendalinya kasus Covid-19. Ditambah pelonggaran aktivitas masyarakat dan kebijakan kondusif bagi pelaku bisnis, membuat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi nasional diprediksi semakin menguat. Bapak Adji Andjono, selaku Sales & Marketing Director PT Campina Ice Cream Industry Tbk, meyakini kondisi persaingan pasar akan lebih dinamis di tahun 2022, antara media digital maupun konvensional, karena pandemi sudah lebih terkendali di Indonesia. Inilah dampak positif dari vaksinasi dosis lengkap yang sudah mencapai lebih dari 100 juta penduduk.
Bahkan mulai Januari 2022, pemerintah membuka kesempatan untuk mencari vaksin booster dosis ketiga untuk Covid-19. Dengan sudah terkendalinya Covid-19, maka para pemain dalam industri akan mulai bergairah untuk meningkatkan kapasitas produksinya setelah dua tahun berada dalam kondisi stagnan. Sebagai pemain besar di industri es krim di dalam negeri, Campina pun menyambut tahun 2022 dengan gambaran yang lebih optimistis daripada tahun lalu.
“Kami berharap di tahun depan dapat tumbuh lebih baik daripada pertumbuhan tahun 2021, setidaknya double digit growth,” sebut Pak Adji.
Campina meyakini dapat mencapai pertumbuhan tersebut karena memiliki produk berkualitas yang sesuai kebutuhan konsumen, termasuk di masa pandemi seperti sekarang. Untuk memenuhi permintaan pasar es krim di Tanah Air, sebelum tahun 2021 berakhir Campina sudah merilis produk es krim terbaru, mulai dari varian buah- buahan sampai dengan cheesecake, coklat, dan tiramisu yang terinspirasi dari keinginan dan kebutuhan konsumen.
Tak hanya memanjakan lidah pencinta es krim, produk baru yang diluncurkan Campina juga memberi manfaat sebab dibuat dengan bahan baku berkualitas serta bernutrisi. Misalnya, Campina Go! Mango dan Orange Plus yang mengandung Vitamin C 90 miligram, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian dalam menjaga imun tubuh di masa pandemi.
“Di tengah keadaan saat ini , konsumen membutuhkan snack atau dessert yang nikmat, segar, namun tetap memiliki manfaat. Sebagai perusahaan es krim lokal, Campina menjawab momen ini melalui peluncuran produk-produk terbaru,” ungkap Pak Adji.
Selain merilis produk baru dalam mengarungi persaingan bisnis di tahun 2022, Campina juga mempersiapkan strategi marketing yang relevan dan otentik tanpa mengabaikan prinsip-prinsip pemasaran kekinian dan kebutuhan dari konsumen di setiap target market yang disasar. Menyoal strategi konten marketing yang akan diterapkan di 2022, Pak Adji mengaku masih menggunakan strategi yang sama dengan tahun sebelumnya, yakni Campina mengedepankan kualitas bahan baku yang bermutu dan cita rasa yang lezat.
“Kedua hal di atas dikemas dengan cara komunikasi yang relevan untuk target market milenial,” jelas beliau.
Konten-konten yang dikembangkan akan disebarkan melalui media mix yang dipilih, dengan kombinasi antara media mainstream, baik online maupun konvensional, serta beberapa alternatif media channel seperti media sosial yang dieksekusi secara terintegrasi. Lebih lanjut Adji menjelaskan, agar konten efektif dan tepat dalam penyebarannya baik melalui media konvensional maupun media digital, maka pesan yang disampaikan sama. Dengan demikian, konsumen akan melihat adanya konsistensi dari brand value yang disampaikan.
Dalam hal pemilihan media, penting untuk dipahami bahwa setiap media channel punya keunggulan masing- masing. Contohnya televisi yang memiliki keunggulan jangkauan yang luas dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan awareness, sedangkan media sosial dapat dioptimalkan untuk meningkatkan engagement antara brand dan consumers.
Adji mengungkapkan, dalam tiga tahun terakhir porsi media digital trennya cenderung meningkat untuk placement dari Campina. Faktor pendorongnya, penggunaan media digital cenderung lebih cepat di kalangan usia muda, yang menjadi salah satu segmen besar yang dibidik.
“Persentase penggunaan bujet marketing untuk media digital saat ini lebih besar dibandingkan media konvensional. Persentasenya pun akan terus ditingkatkan melihat tahun 2022 Campina masih fokus membidik segmen remaja dan anak-anak yang menunjukkan pertumbuhan cukup signifikan,” pungkas beliau.
(Ditulis dan diunggah ulang dari artikel Moh. Agus Mahribi, dimuat di Rubrik Headline Majalah Marketing, edisi Januari 2022, halaman 48-49)