Campina di Marketing Plan to Gen Z WOW Brand 2024

Indonesia WOW Brand Award 2024 untuk Campina Ice Cream

Indonesia WOW Brand Award 2024 adalah penghargaan bagi merek yang mendapatkan advokasi tertinggi dari konsumennya berdasarkan hasil survei yang dilakukan MarkPlus Insight. Indonesia WOW Brand Award 2024 juga didasari pada konsep customer path yang memperhatikan 5A yaitu Aware, Appeal, Ask, Act, dan Advocate. Penghargaan ini diterima Campina Ice Cream dalam perhelatan Marketing Plan to Gen Z WOW Brand 2024 di Djakarta Theater XXI, hari Kamis tanggal 7 Maret 2024.

Campina Ice Cream sebagai salah satu pemain di industri es krim melihat potensi pasar yang besar pada Generasi Z (Gen Z). Lewat strategi pemasaran yang diterapkan, proporsi konsumen Gen Z Campina mencapai 27% pada tahun 2023.

“Generasi Z menjadi kunci utama bagi kami, mengingat mereka merupakan segmen pasar yang perlu diperhatikan dengan seksama,” disampaikan Pak Mustofa Saadji selaku Marketing Manager Campina saat hadir menerima penghargaan.

Dalam menghadapi gen Z, Campina selalu melihat consumer journey 5A para Gen Z, yakni Aware, Appeal, Ask, Act, Advocate. Generasi Z selalu mencari sesuatu yang mudah diakses, dibeli, dan informatif.

“Sebab itu, konten kami dibuat dengan strategi golden time yang difokuskan untuk menarik perhatian gen Z dalam 5 detik pertama, menciptakan pengalaman yang langsung relevan kepada gen Z,” ujar Pak Mustofa.

Selama dekade terakhir, Campina telah mentransformasikan bisnisnya menjadi omnichannel. Fokus awal pada brand awareness kini bergeser menjadi fokus pada kepuasan dan pengalaman pelanggan.

Salah satu strategi utama yang diadopsi oleh Campina adalah mengintegrasikan pengalaman konsumen dari dunia online ke offline secara seamless. Ini berarti tidak hanya memperkuat kehadiran dan interaksi merek di ranah digital, tetapi juga memastikan bahwa pengalaman yang diberikan kepada konsumen di dunia nyata sejalan dengan apa yang dijanjikan secara online.

Dengan demikian, merek ini menciptakan kesan yang konsisten dan memastikan tidak adanya kesenjangan antara janji merek dan kenyataan produk. Bagian tak terpisahkan dari strategi advokasi Campina adalah memastikan konsumen merasa bangga menggunakan produknya.

Dengan menciptakan pengalaman yang komprehensif dan memenuhi janji merek, Campina Ice Cream berusaha untuk membangun loyalitas konsumen dan menginspirasi mereka untuk menjadi advokat merek.

“Dengan berfokus pada strategi 5A, yakni Aware, Appeal , Ask , Act , dan Advocate, kami memastikan bahwa setiap interaksi konsumen dengan kami memberikan kepuasan dan memperkuat hubungan antara Campina  dan konsumen,” kata Pak Mustofa.

“Harga ice cream di minimarket atau e-commerce kami jaga agar selalu sama, karena garansi kualitas menjadi prioritas. Kami memastikan bahwa konsumen mendapatkan kualitas yang konsisten di mana pun mereka membeli produk kami,” tegas Pak Mustofa.

Selain itu, lanjut Pak Mustofa, menetapkan positioning Campina sebagai merek yang dapat dipercaya juga merupakan tujuan utama perusahaan, di mana Campina selalu mengutamakan quality.

“Support kami kepada pelanggan hadir dalam bentuk customer care yang selalu siap sedia. Layanan ini menunjukkan komitmen kami untuk selalu hadir bagi konsumen,” jelas beliau.

Meskipun pasar yang dihadapi saat ini cukup sengit, sebagai merek es krim dengan pengalaman lebih dari 51 tahun, Campina tetap bertahan. Selama masa pandemi, penjualan online bahkan mengalami pertumbuhan sebesar 500%.

“Walaupun loyalitas generasi Z terhadap merek tidak sebesar generasi lain, kami terus berupaya untuk tetap relevan. Pertumbuhan penjualan kami meningkat 15% pada 2023 dibandingkan tahun sebelumnya, dengan pangsa pasar yang naik sebesar 2% dan penjualan online yang juga naik sebesar 11%,” tutup Pak Mustofa.

Berdasarkan indeks merek dalam kategori makanan dan minuman dengan subkategori es krim, penjualan Campina juga berhasil meningkat dalam periode 2022-2023. Kesuksesan ini menandai langkah Campina dalam merangkul dan memenangkan hati Gen Z dalam industri es krim.

Hal inilah yang membuat Campina berhasil mendapatkan penghargaan Indonesia WOW Brand 2024 untuk kategori Ice Cream. 

Indonesia WOW Brand 2024 untuk kategori Ice Cream, diterima oleh Pak Mustofa Saadji
Indonesia WOW Brand 2024 untuk kategori Ice Cream, diterima oleh Pak Mustofa Saadji

Referensi:

Mavellyno Vedhitya (2024). Strategi Pemasaran Campina dalam Merangkul Konsumen Gen Z. Diakses pada 12 Maret 2024 pukul 15:20 WIB dari https://www.marketeers.com/strategi-pemasaran-campina-dalam-merangkul-konsumen-gen-z/

Dyandramitha Alessandrina (2024). Jaga Relevansi Merek Jadi Strategi Campina di Era Gen Z. Diakses pada 12 Maret 2024 pukul 15:22 WIB dari https://www.marketeers.com/jaga-relevansi-merek-jadi-strategi-campina-di-era-gen-z/

 

 

 

Share Button

Tinggalkan Balasan