Teknologi mendekatkan kita, namun juga bisa menjauhkan kita. Teknologi bisa membuat orang-orang yang tinggal di kota-kota yang tersebar di Pulau Jawa, dan bahkan di seluruh penjuru dunia bisa saling bertemu, mengobrol dan berbagi cerita, secara virtual tentunya.
Keharusan untuk menjaga kesehatan diri masing-masing agar tidak tertular virus Covid-19, membuat kita ‘terpaksa’ betah melakukan semua kegiatan dari dalam rumah. Termasuk memenuhi kebutuhan dari rumah, termasuk didalamnya kebutuhan untuk berkomunikasi dan berkoordinasi. Kemudahan dalam berkoordinasi kini sangat dibantu oleh hadirnya online platform yang memungkinkan terjadinya online meeting, dan juga pemaparan gagasan dalam sebuah presentasi.
Hal inipun dilakukan oleh Campina Ice Cream, dalam mendekatkan diri ke para pelanggan tetapnya dari reseller channel. Sejak diperkenalkan di bulan Juni 2020 yang lalu, di awal-awal masa pandemi dengan sebutan MAMA CAMPINA, reseller channel ini tumbuh dengan pesatnya. Channel penjualan Campina yang digawangi oleh Ibu Nezia Enggoresty dari team Channel Development, dirancang untuk membantu para ibu-ibu rumah tangga, agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan, dengan menjual es krim ke para jejaringnya. Warga pemukiman dan perumahan di area sekelilingnya, atau ke area yang lebih luas.
Di perempat kedua tahun 2021, tepatnya di tanggal 16 April 2021 yang lalu, Campina Ice Cream menggelar webinar (web seminar) yang digelar khusus untuk para reseller MAMA CAMPINA, dengan harapan bisa memberikan update dan wawasan, dan bahkan gagasan untuk menjadi reseller yang handal. Dengan menghadirkan 2 narasumber utama, seorang reseller yang sudah terbukti sukses dengan rata-rata penjualan tinggi per bulannya, dan seorang narasumber yang akan memberikan pemaparan tentang bagaimana menjadi reseller handal, dari sisi komunikasi di media digital.
Sebagai narasumber pertama, Bapak Asep Setiawan dari Kota Bandung, dan narasumber kedua adalah Bapak Harwindra Yoga Prasetya dari team Marketing Communications, PT Campina Ice Cream Industry. Dan si empunya channel penjualan, Ibu Nezia, berperan sebagai moderator, yang memandu dan mengelola flow acara sejak webinar reseller dibuka hingga ditutup. Acara webinar dibuka tepat pada pukul 15.00 WIB.
Narasumber 1: Bapak Aswan mewakili reseller MAMA CAMPINA
Dari sisi bisnis, Pak Aswan, demikian Pak Asep Setiawan akrab dipanggil, banyak mengulik tips and tricks tentang memaksimalkan pemasaran jaringan, dan tentunya digital platform dalam menjangkau calon-calon pelanggannya, dan juga para pelanggan tetapnya, termasuk didalamnya media sosial. Kunci suksesnya adalah memberikan pelayanan sebaik-baiknya, dan percaya bahwa bisnis bukan hanya jangka pendek, melainkan jangka panjang.
Beliau juga sangat mengandalkan efek word of mouth, yang dipicu dari rasa puas pelanggan, akan dengan mudahnya mereferensikan ke jejaringya, merekomendasikan ke rekan-rekannya, saat mereka membutuhkan es krim untuk berbagai acara.
Dalam pemasaran jaringan, rasa percaya adalah yang utama. Hal itu yang ditekankan oleh Pak Yoga, yang saat ini menjabat sebagai Marketing Communications Manager di perusahaan es krim ini. Rasa percaya bisa ditimbulkan dengan selalu mengunggah hal-hal yang positif. Ibarat membangun citra diri yang positif, di depan para audience para reseller di media sosial.
Banyak cara untuk menciptakan citra diri positif, yang bisa mendatangkan rasa percaya. Saat menjadi reseller MAMA CAMPINA, pasti sang reseller akan rajin-rajin membagikan katalog produk yang dijualnya. Entah lewat fitur stories di Facebook, Instagram, dan bahkan WA status. Pun demikian juga dengan berbagi konten di feed atau timeline media sosial, yang tidak hilang setelah 24 jam seperti stories. Selain dipenuhi dengan unggahan tentang produk, sang reseller juga harus rajin berbagi testimonial, kesan-kesan positif dari pelanggan yang puas, foto live produk saat dipegang tangan, dan variasi-variasi content marketing lainnya.
Audience yang datang dari kalangan terbatas, para reseller dan calon reseller ini, mendapatkan banyak hal yang dapat memperkaya wawasan mereka, sekaligus bisa langsung dipraktekkan, untuk menjadi reseller Campina yang handal.
Setelah sesi presentasi oleh kedua narasumber, sesi webinar reseller diakhiri dengan tanya jawab yang berlangsung seru dan komunikatif, dan ditutup dengan sesi foto bersama.